RPS dan Silabus Teori Bilangan
RENCANA PEMBELAJARAN
SEMESTER (RPS)
|
KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN
PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
|
||||||
No. Dokumen :
...................
|
No. Revisi :
..................
|
Hal : 4
|
Tanggal Terbit
4 Februari 2019
|
||||
Mata Kuliah :
Teori Bilangan
|
Semester :
2
|
Sks
2
|
Kode Mata
Kuliah :
MKM 125
|
||||
Program Studi
Pendidikan
Matematika
|
Dosen Pengampuh/Penanggung Jawab :
Marhamah,
M.Pd.
|
||||||
Capaian
Pembelajaran Lulusan
(CPL)
|
A.
CAPAIAN
PEMBELAJARAN : ASPEK SIKAP
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
B.
CAPAIAN
PEMBELAJARAN : PENGETAHUAN UMUM
Menguasai pengetahuan
konseptual mata kuliah teori bilangan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN : KETERAMPILAN
UMUM
1. Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang pendidikan matematika.
2. Mampu menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
matematika.
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN : KETERAMPILAN
KHUSUS
Mampu menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan.
|
||||||
Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
|
1. Mahasiswa
mampu menggunakan induksi matematika dalam pembuktian
matematika
2. Mahasiswa
mampu menyelesaikan operasi baris elementer dan teorema
binom
3. Mahasiswa
mampu menyelesaikan algoritma pembagian
4. Mahasiswa
mampu menyelesaikan algoritma euclide
5. Mahasiswa
mampu menjelaskan persamaan diophantos
6. Mahasiswa
mampu menjelaskan teorema dasar aritmatik
7. Mahasiswa
mampu menjelaskan prinsip kekongruenan
8. Mahasiswa
mampu menjelaskan konsep struktur aljabar
|
||||||
DESKRIPSI MATA
KULIAH
|
Mata kuliah teori bilangan merupakan salah satu mata
kuliah keahlian bidang studi matematika yang bertujuan memperkuat landasan
materi matematika terutama yang mempunyai hubungan dengan bilangan. Dalam
teori bilangan memberikan beberapa konsep dasar bilangan yang membahas
tentang induksi matematika dan teorema binom, algoritma pembagian, euclide,
persamaan diophantos, teorema dasar aritmatik, dan kekongruenan.
|
||||||
Minggu
Ke
|
Kemampuan Yang
Diharapkan (Sub CMPK)
|
Bahasan Kajian/Materi Pembelajaran
|
Wkt
(Menit)
|
Penilaian
|
Kriteria/Indikataor
|
||
1
|
Setelah
mengikuti
Perkuliahan ini,
mahasiswa
diharapkan
dapat membuktikan teorema/rumus dengan cara induksi
matematika
|
Induksi Matematika
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis
|
Terampil menggunakan langkah-langkah pembuktian
dengan induksi matematika
|
|
2
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
dapat menerapkan teorema binomial pada penjabaran
bentuk perpangkatan
|
Teorema Binomial
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis
|
Terampil menggunakan sifat-sifat koefisien binomial
dalam perhitungan
|
|
3-4
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan mampu:
a.
Memahami algoritma
pembagian
b.
Mendefinisikan faktor
persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK
|
Algoritma Pembagian
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Terampil membuktikan sifat-sifat algoritma pembagian
|
|
5-6
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu:
a. Memahami definisi algoritma euclide
b. Mencari FPB dan KPK dengan cara algoritma euclide
|
Algoritma Euclide
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis
|
Terampil memahami definisi algoritma euclide
|
|
7
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu:
Menyelesaikan persamaan diophantus dengan cara
reduksi dan kongruensi
|
Persamaan Diophantus
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis
|
Terampil menerapkan konsep kekongruenan linier untuk
menyelesaikan persamaan linier diophantus
|
|
8
|
UJIAN TENGAH
SEMESTER
|
||||||
9
|
Setelah
mengikuti perkuliahan, mahasiswa
diharapkan
mampu:
Membuktikan teorema yang ada dalam aritmatik
|
Teorema Dasar
Aritmatik
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Kebenaran
pemahaman teorema dasar aritmatik
|
|
10
|
Setelah
mengikuti perkuliahan, mahasiswa
diharapkan
mampu:
a. Memahami tapis erasthothenes
b. Menggunakan tapis erasthothenes dalam menyelesaikan persoalan
matematika
|
Tapis
Erastothenes
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Kebenaran
pemahaman tapis erastothenes
|
|
11-12
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu membuktikan teorema kekongruenan dan menerapkan konsep kekongruenan untuk
membuktikan keterbagian suatu bilangan bulat oleh bilangan bulat
|
Kekongruenan
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Kebenaran
pemahaman kekongruenan
|
|
13
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu:
Memahami definisi, teorema dan sifat fungsi fi-euler
serta terampil dalam menerapkannya untuk memecahkan soal terkait
|
Fungsi fi-Euler
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Terampil dalam menerapkan fungsi fi-euler untuk memecahkan
soal –soal terkait
|
|
14
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu:
a. Memahami modulo bilangan prima
b.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modulo bilangan prima
|
Modulo Bilangan Prima
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Kebenaran
pemahaman Modulo bilangan prima
|
|
15
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu:
a. Memahami grup dan sifat grup
b. Memahami gelanggang dan sifatnya
|
Pandangan Struktur Aljabar
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Kebenaran
pemahaman pandangan struktur aljabar
|
|
16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
||||||
DaftarReferensi :
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016).
Ilmu Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.Jakarta
TUGAS MAHASISWA DAN PENILAIANNYA
1. Tugas
Minggu ke
|
Bahan kajian/
Materi Pembelajaran
|
Tugas
|
Waktu
(menit)
|
Penilaian
|
Indikator
|
4
|
Algoritma Euclide
|
Latihan
soal
|
20 menit
|
Tes
kognitif dan lisan
|
Terampil memahami
definisi algoritma euclide
|
9
|
Teorema Dasar aritmatik
|
Latihan Soal
|
20 menit
|
Tes
kognitif dan lisan
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan teorema dasar aritmatik
|
11
|
Kekongruenan
|
Latihan
soal
|
20 menit
|
Tes
kognitif dan lisan
|
Kebenaran pemahaman kekongruenan
|
14
|
Modulo Bilangan
Prima
|
Latihan soal
|
20 menit
|
Tes
kognitif dan lisan
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan modulo bilangan prima
|
2. Penilaian
a) Aspek Penilaian
Sikap :
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang
keahliannya secara mandiri
b) Bobot
Penilaian
A = Nilai Aktifitas bertanya, menjawab, keaktifan, kehadiran
T = Rata-rata nilai tugas (Tugas minimal 3 kali)
M = Nilai Ujian Mid Semester
S = Nilai Ujian Semester
NA= Nilai Akhir
Kualifikasi Penilaian
Nilai
|
Angka Mutu
|
Huruf Mutu
|
8,5 – 10,0
7,6 – 8,4
7,0 –7,5
6,0 – 6,9
5,6 – 5,9
4,6 – 5,5
≤4,5
|
A
B+
B
C+
C
D
E
|
4
3,5
3
2,5
2
1
0
|
Palembang,
4 Februari 2019
Mengetahui
Ketua Prodi Pend. Matematika Dosen Penanggung Jawab MK
Dr. Destiniar, M.Pd. Marhamah, M.Pd.
SILABUS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Teori Bilangan
Kode Mata Kuliah : MKM 125
Jumlah SKS : 2 (dua)
Semester : 2 (dua)
MK Prasyarat : Aljabar
Deskripsi Mata
Kuliah : Mata
kuliah teori bilangan merupakan salah satu mata kuliah keahlian bidang studi
matematika yang bertujuan memperkuat landasan materi matematika terutama yang
mempunyai hubungan dengan bilangan. Dalam teori bilangan memberikan beberapa
konsep dasar bilangan yang membahas tentang induksi matematika dan teorema
binom, algoritma pembagian, euclide, persamaan diophantos, teorema dasar
aritmatik, dan kekongruenan.
Tujuan Mata
Kuliah : Selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat
memahami induksi matematika dan teorema binom, algoritma pembagian, euclide,
persamaan diophantos, teorema dasar aritmatik, dan kekongruenan.
CPL-Prodi : S
: Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
P : Menguasai
pengetahuan konseptual teori bilangan
KU : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis,
sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
yang sesuai dengan bidang pendidikan matematika.
KK : Mampu menguasai materi, struktur, konsep dan
pola pikir keilmuan
CPL-MK : 1. Mahasiswa mampu
menggunakan induksi matematika dalam pembuktian matematika
2. Mahasiswa mampu menyelesaikan operasi baris elementer dan teorema binom
3. Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma pembagian
4. Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma euclide
5. Mahasiswa mampu menjelaskan persamaan diophantos
6. Mahasiswa mampu menjelaskan teorema dasar aritmatik
7. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kekongruenan
8. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep struktur aljabar
Pertemuan
|
Materi Pokok
|
Sub Materi
|
Sub Capaian
Pembelajaran -MK
|
Bahan
Pustaka/Referensi
|
Keterangan
|
1
|
Induksi Matematika
|
Notasi Sigma
|
mahasiswa
mampu membuktikan teorema/rumus dengan cara
induksi matematika
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
2
|
Teorema Binomial
|
Binom,
koefisien binom, sifat koefisien penjabaran binom
|
Mahasiswa mampu menerapkan teorema binomial pada
penjabaran bentuk perpangkatan
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
3
|
Algoritma
Pembagian
|
Algoritma pembagian, sifat-sifat keterbagian bilangan bulat
|
Mahasiswa mampu Memahami algoritma pembagian
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
4
|
Algoritma Pembagian
|
Faktor
persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK
|
Mahasiswa
mampu Mendefinisikan faktor persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
5
|
Algoritma Euclide
|
Pembagian
bilangan bulat
|
Mahasiswa mampu
Memahami pembagian bilangan bulat dan definisi
algoritma euclide
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
6
|
Algoritma Euclide
|
Pembagian
bersama terbesar
|
Mahasiswa mampu mencari FPB dan KPK dengan cara
algoritma euclide
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
7
|
Persamaan Diophantus
|
Persamaan
diophantus, reduksi dan kongruensi
|
Mahasiswa mampu menyelesaikan persamaan diophantus
dengan cara reduksi dan kongruensi
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
8
|
UTS
|
|
|
|
|
9
|
Teorema Dasar Aritmatik
|
Teorema dasar
aritmatik
|
Mahasiswa mampu membuktikan teorema yang ada dalam
aritmatik
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
10
|
Tapis Erastothenes
|
Bilangan prima
dan tapis erastothenes
|
Mahasiswa mampu memahami tapis erastothenes dan
menggunkannya dalam menyelesaikan persoalan matematika
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
11
|
Kekongruenan
|
Kekongruenan
linier
|
Mahasiswa mampu membuktikan teorema kekongruenan
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
12
|
Kekongruenan
|
Teorema sisa
|
Mahasiswa mampu menerapkan konsep kekongruenan untuk
membuktikan keterbagian suatu bilangan bulat dengan bilangan bulat
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
13
|
Fungsi Fi-euler
|
Fungsi euler
dan fungsi fi-euler
|
Mahasiswa mampu memahami definisi, teorema dan sifat
fungsi fi-euler serta terampil menerapkannya untuk memecahkan soal-soal
terkait
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
14
|
Modulo Bilangan Prima
|
Modulo
bilangan prima berkuasa dan modulo bilangan prima
|
Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan modulo bilangan prima
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
15
|
Pandangan Struktur Aljabar
|
Grup dan
gelanggang
|
Mahasiswa mampu memahami gruf dan gelanggang beserta
sifat-sifatnya
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
16
|
UAS
|
|
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN
SEMESTER (RPS)
|
KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN
PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
|
||||||
No. Dokumen :
...................
|
No. Revisi :
..................
|
Hal : 4
|
Tanggal Terbit
4 Februari 2019
|
||||
Mata Kuliah :
Teori Bilangan
|
Semester :
2
|
Sks
2
|
Kode Mata
Kuliah :
MKM 125
|
||||
Program Studi
Pendidikan
Matematika
|
Dosen Pengampuh/Penanggung Jawab :
Marhamah,
M.Pd.
|
||||||
Capaian
Pembelajaran Lulusan
(CPL)
|
A.
CAPAIAN
PEMBELAJARAN : ASPEK SIKAP
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
B.
CAPAIAN
PEMBELAJARAN : PENGETAHUAN UMUM
Menguasai pengetahuan
konseptual mata kuliah teori bilangan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN : KETERAMPILAN
UMUM
1. Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang pendidikan matematika.
2. Mampu menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
matematika.
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN : KETERAMPILAN
KHUSUS
Mampu menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan.
|
||||||
Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
|
1. Mahasiswa
mampu menggunakan induksi matematika dalam pembuktian
matematika
2. Mahasiswa
mampu menyelesaikan operasi baris elementer dan teorema
binom
3. Mahasiswa
mampu menyelesaikan algoritma pembagian
4. Mahasiswa
mampu menyelesaikan algoritma euclide
5. Mahasiswa
mampu menjelaskan persamaan diophantos
6. Mahasiswa
mampu menjelaskan teorema dasar aritmatik
7. Mahasiswa
mampu menjelaskan prinsip kekongruenan
8. Mahasiswa
mampu menjelaskan konsep struktur aljabar
|
||||||
DESKRIPSI MATA
KULIAH
|
Mata kuliah teori bilangan merupakan salah satu mata
kuliah keahlian bidang studi matematika yang bertujuan memperkuat landasan
materi matematika terutama yang mempunyai hubungan dengan bilangan. Dalam
teori bilangan memberikan beberapa konsep dasar bilangan yang membahas
tentang induksi matematika dan teorema binom, algoritma pembagian, euclide,
persamaan diophantos, teorema dasar aritmatik, dan kekongruenan.
|
||||||
Minggu
Ke
|
Kemampuan Yang
Diharapkan (Sub CMPK)
|
Bahasan Kajian/Materi Pembelajaran
|
Wkt
(Menit)
|
Penilaian
|
Kriteria/Indikataor
|
||
1
|
Setelah
mengikuti
Perkuliahan ini,
mahasiswa
diharapkan
dapat membuktikan teorema/rumus dengan cara induksi
matematika
|
Induksi Matematika
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis
|
Terampil menggunakan langkah-langkah pembuktian
dengan induksi matematika
|
|
2
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
dapat menerapkan teorema binomial pada penjabaran
bentuk perpangkatan
|
Teorema Binomial
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis
|
Terampil menggunakan sifat-sifat koefisien binomial
dalam perhitungan
|
|
3-4
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan mampu:
a.
Memahami algoritma
pembagian
b.
Mendefinisikan faktor
persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK
|
Algoritma Pembagian
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Terampil membuktikan sifat-sifat algoritma pembagian
|
|
5-6
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu:
a. Memahami definisi algoritma euclide
b. Mencari FPB dan KPK dengan cara algoritma euclide
|
Algoritma Euclide
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis
|
Terampil memahami definisi algoritma euclide
|
|
7
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu:
Menyelesaikan persamaan diophantus dengan cara
reduksi dan kongruensi
|
Persamaan Diophantus
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis
|
Terampil menerapkan konsep kekongruenan linier untuk
menyelesaikan persamaan linier diophantus
|
|
8
|
UJIAN TENGAH
SEMESTER
|
||||||
9
|
Setelah
mengikuti perkuliahan, mahasiswa
diharapkan
mampu:
Membuktikan teorema yang ada dalam aritmatik
|
Teorema Dasar
Aritmatik
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Kebenaran
pemahaman teorema dasar aritmatik
|
|
10
|
Setelah
mengikuti perkuliahan, mahasiswa
diharapkan
mampu:
a. Memahami tapis erasthothenes
b. Menggunakan tapis erasthothenes dalam menyelesaikan persoalan
matematika
|
Tapis
Erastothenes
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Kebenaran
pemahaman tapis erastothenes
|
|
11-12
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu membuktikan teorema kekongruenan dan menerapkan konsep kekongruenan untuk
membuktikan keterbagian suatu bilangan bulat oleh bilangan bulat
|
Kekongruenan
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Kebenaran
pemahaman kekongruenan
|
|
13
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu:
Memahami definisi, teorema dan sifat fungsi fi-euler
serta terampil dalam menerapkannya untuk memecahkan soal terkait
|
Fungsi fi-Euler
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Terampil dalam menerapkan fungsi fi-euler untuk memecahkan
soal –soal terkait
|
|
14
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu:
a. Memahami modulo bilangan prima
b.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modulo bilangan prima
|
Modulo Bilangan Prima
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Kebenaran
pemahaman Modulo bilangan prima
|
|
15
|
Setelah
mengikuti
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu:
a. Memahami grup dan sifat grup
b. Memahami gelanggang dan sifatnya
|
Pandangan Struktur Aljabar
|
Diskusi,
ceramah, dan tanya jawab
|
50x2
sks = 100 menit
|
Tes
tertulis, kuis
|
Kebenaran
pemahaman pandangan struktur aljabar
|
|
16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
||||||
DaftarReferensi :
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016).
Ilmu Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.Jakarta
TUGAS MAHASISWA DAN PENILAIANNYA
1. Tugas
Minggu ke
|
Bahan kajian/
Materi Pembelajaran
|
Tugas
|
Waktu
(menit)
|
Penilaian
|
Indikator
|
4
|
Algoritma Euclide
|
Latihan
soal
|
20 menit
|
Tes
kognitif dan lisan
|
Terampil memahami
definisi algoritma euclide
|
9
|
Teorema Dasar aritmatik
|
Latihan Soal
|
20 menit
|
Tes
kognitif dan lisan
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan teorema dasar aritmatik
|
11
|
Kekongruenan
|
Latihan
soal
|
20 menit
|
Tes
kognitif dan lisan
|
Kebenaran pemahaman kekongruenan
|
14
|
Modulo Bilangan
Prima
|
Latihan soal
|
20 menit
|
Tes
kognitif dan lisan
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan modulo bilangan prima
|
2. Penilaian
a) Aspek Penilaian
Sikap :
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang
keahliannya secara mandiri
b) Bobot
Penilaian
A = Nilai Aktifitas bertanya, menjawab, keaktifan, kehadiran
T = Rata-rata nilai tugas (Tugas minimal 3 kali)
M = Nilai Ujian Mid Semester
S = Nilai Ujian Semester
NA= Nilai Akhir
Kualifikasi Penilaian
Nilai
|
Angka Mutu
|
Huruf Mutu
|
8,5 – 10,0
7,6 – 8,4
7,0 –7,5
6,0 – 6,9
5,6 – 5,9
4,6 – 5,5
≤4,5
|
A
B+
B
C+
C
D
E
|
4
3,5
3
2,5
2
1
0
|
Palembang,
4 Februari 2019
Mengetahui
Ketua Prodi Pend. Matematika Dosen Penanggung Jawab MK
Dr. Destiniar, M.Pd. Marhamah, M.Pd.
SILABUS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Teori Bilangan
Kode Mata Kuliah : MKM 125
Jumlah SKS : 2 (dua)
Semester : 2 (dua)
MK Prasyarat : Aljabar
Deskripsi Mata
Kuliah : Mata
kuliah teori bilangan merupakan salah satu mata kuliah keahlian bidang studi
matematika yang bertujuan memperkuat landasan materi matematika terutama yang
mempunyai hubungan dengan bilangan. Dalam teori bilangan memberikan beberapa
konsep dasar bilangan yang membahas tentang induksi matematika dan teorema
binom, algoritma pembagian, euclide, persamaan diophantos, teorema dasar
aritmatik, dan kekongruenan.
Tujuan Mata
Kuliah : Selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat
memahami induksi matematika dan teorema binom, algoritma pembagian, euclide,
persamaan diophantos, teorema dasar aritmatik, dan kekongruenan.
CPL-Prodi : S
: Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
P : Menguasai
pengetahuan konseptual teori bilangan
KU : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis,
sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
yang sesuai dengan bidang pendidikan matematika.
KK : Mampu menguasai materi, struktur, konsep dan
pola pikir keilmuan
CPL-MK : 1. Mahasiswa mampu
menggunakan induksi matematika dalam pembuktian matematika
2. Mahasiswa mampu menyelesaikan operasi baris elementer dan teorema binom
3. Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma pembagian
4. Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma euclide
5. Mahasiswa mampu menjelaskan persamaan diophantos
6. Mahasiswa mampu menjelaskan teorema dasar aritmatik
7. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kekongruenan
8. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep struktur aljabar
Pertemuan
|
Materi Pokok
|
Sub Materi
|
Sub Capaian
Pembelajaran -MK
|
Bahan
Pustaka/Referensi
|
Keterangan
|
1
|
Induksi Matematika
|
Notasi Sigma
|
mahasiswa
mampu membuktikan teorema/rumus dengan cara
induksi matematika
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
2
|
Teorema Binomial
|
Binom,
koefisien binom, sifat koefisien penjabaran binom
|
Mahasiswa mampu menerapkan teorema binomial pada
penjabaran bentuk perpangkatan
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
3
|
Algoritma
Pembagian
|
Algoritma pembagian, sifat-sifat keterbagian bilangan bulat
|
Mahasiswa mampu Memahami algoritma pembagian
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
4
|
Algoritma Pembagian
|
Faktor
persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK
|
Mahasiswa
mampu Mendefinisikan faktor persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
5
|
Algoritma Euclide
|
Pembagian
bilangan bulat
|
Mahasiswa mampu
Memahami pembagian bilangan bulat dan definisi
algoritma euclide
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
6
|
Algoritma Euclide
|
Pembagian
bersama terbesar
|
Mahasiswa mampu mencari FPB dan KPK dengan cara
algoritma euclide
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
7
|
Persamaan Diophantus
|
Persamaan
diophantus, reduksi dan kongruensi
|
Mahasiswa mampu menyelesaikan persamaan diophantus
dengan cara reduksi dan kongruensi
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
8
|
UTS
|
|
|
|
|
9
|
Teorema Dasar Aritmatik
|
Teorema dasar
aritmatik
|
Mahasiswa mampu membuktikan teorema yang ada dalam
aritmatik
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
10
|
Tapis Erastothenes
|
Bilangan prima
dan tapis erastothenes
|
Mahasiswa mampu memahami tapis erastothenes dan
menggunkannya dalam menyelesaikan persoalan matematika
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
11
|
Kekongruenan
|
Kekongruenan
linier
|
Mahasiswa mampu membuktikan teorema kekongruenan
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
12
|
Kekongruenan
|
Teorema sisa
|
Mahasiswa mampu menerapkan konsep kekongruenan untuk
membuktikan keterbagian suatu bilangan bulat dengan bilangan bulat
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
13
|
Fungsi Fi-euler
|
Fungsi euler
dan fungsi fi-euler
|
Mahasiswa mampu memahami definisi, teorema dan sifat
fungsi fi-euler serta terampil menerapkannya untuk memecahkan soal-soal
terkait
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
14
|
Modulo Bilangan Prima
|
Modulo
bilangan prima berkuasa dan modulo bilangan prima
|
Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan modulo bilangan prima
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
15
|
Pandangan Struktur Aljabar
|
Grup dan
gelanggang
|
Mahasiswa mampu memahami gruf dan gelanggang beserta
sifat-sifatnya
|
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan.
Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi
I. Penerbit Universitas Terbuka.
|
|
16
|
UAS
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar