RPS dan Silabus Teori Bilangan

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)


KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
No. Dokumen :
...................
No. Revisi :
..................
Hal : 4
Tanggal Terbit
4 Februari 2019
Mata Kuliah :
Teori Bilangan
Semester :
2
Sks
2
Kode Mata Kuliah :
MKM 125
Program Studi
Pendidikan Matematika
Dosen Pengampuh/Penanggung Jawab :
Marhamah, M.Pd.
Capaian Pembelajaran Lulusan
(CPL)
A.    CAPAIAN PEMBELAJARAN : ASPEK SIKAP
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
B.     CAPAIAN PEMBELAJARAN : PENGETAHUAN UMUM
Menguasai pengetahuan konseptual mata kuliah teori bilangan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN : KETERAMPILAN UMUM
1.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan matematika.
2.      Mampu menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran matematika.
C.    CAPAIAN PEMBELAJARAN : KETERAMPILAN KHUSUS
Mampu menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1.      Mahasiswa mampu menggunakan induksi matematika dalam pembuktian matematika
2.      Mahasiswa mampu menyelesaikan operasi baris elementer dan teorema binom
3.      Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma pembagian
4.      Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma euclide
5.      Mahasiswa mampu menjelaskan persamaan diophantos
6.      Mahasiswa mampu menjelaskan teorema dasar aritmatik
7.      Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kekongruenan
8.      Mahasiswa mampu menjelaskan konsep struktur aljabar
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah teori bilangan merupakan salah satu mata kuliah keahlian bidang studi matematika yang bertujuan memperkuat landasan materi matematika terutama yang mempunyai hubungan dengan bilangan. Dalam teori bilangan memberikan beberapa konsep dasar bilangan yang membahas tentang induksi matematika dan teorema binom, algoritma pembagian, euclide, persamaan diophantos, teorema dasar aritmatik, dan kekongruenan.
Minggu
Ke
Kemampuan Yang Diharapkan (Sub CMPK)
Bahasan Kajian/Materi Pembelajaran
Metode Pembelajaran Dan Pengalaman Belajar
Wkt
(Menit)
Penilaian
Kriteria/Indikataor
1
Setelah mengikuti
Perkuliahan ini, mahasiswa
diharapkan dapat membuktikan teorema/rumus dengan cara induksi matematika

Induksi Matematika

Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis
Terampil menggunakan langkah-langkah pembuktian dengan induksi matematika

2
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan dapat menerapkan teorema binomial pada penjabaran bentuk perpangkatan

Teorema Binomial
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis
Terampil menggunakan sifat-sifat koefisien binomial dalam perhitungan


3-4
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:                     
a.    Memahami algoritma pembagian
b.    Mendefinisikan faktor persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK

Algoritma Pembagian
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis
Terampil membuktikan sifat-sifat algoritma pembagian


  5-6
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
a.    Memahami definisi algoritma euclide
b.    Mencari FPB dan KPK dengan cara algoritma euclide

Algoritma Euclide
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis
Terampil memahami definisi algoritma euclide
7
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
Menyelesaikan persamaan diophantus dengan cara reduksi dan kongruensi

Persamaan Diophantus
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis
Terampil menerapkan konsep kekongruenan linier untuk menyelesaikan persamaan linier diophantus
8
UJIAN TENGAH SEMESTER
9
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
Membuktikan teorema yang ada dalam aritmatik

Teorema Dasar Aritmatik
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis
Kebenaran pemahaman teorema dasar aritmatik


10
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
a.    Memahami tapis erasthothenes
b.    Menggunakan tapis erasthothenes dalam menyelesaikan persoalan matematika

Tapis Erastothenes
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis



Kebenaran pemahaman tapis erastothenes


11-12
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu membuktikan teorema kekongruenan dan  menerapkan konsep kekongruenan untuk membuktikan keterbagian suatu bilangan bulat oleh bilangan bulat

Kekongruenan
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis

Kebenaran pemahaman kekongruenan


13
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
Memahami definisi, teorema dan sifat fungsi fi-euler serta terampil dalam menerapkannya untuk memecahkan soal terkait

Fungsi fi-Euler
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis

Terampil dalam menerapkan fungsi fi-euler untuk memecahkan soal –soal terkait
14
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
a.    Memahami modulo bilangan prima
b.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modulo bilangan prima
Modulo Bilangan Prima
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis

Kebenaran pemahaman Modulo bilangan prima
15
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
a.    Memahami grup dan sifat grup
b.    Memahami gelanggang dan sifatnya
Pandangan Struktur Aljabar
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis

Kebenaran pemahaman pandangan struktur aljabar
16
UJIAN AKHIR SEMESTER

DaftarReferensi :
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Ilmu Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.Jakarta











TUGAS MAHASISWA DAN PENILAIANNYA

1. Tugas
Minggu ke
Bahan kajian/
Materi Pembelajaran
Tugas
Waktu
(menit)
Penilaian
Indikator
4
Algoritma Euclide
Latihan soal
20 menit
Tes kognitif dan lisan
Terampil memahami definisi algoritma euclide
9
Teorema Dasar aritmatik
Latihan Soal
20 menit
Tes kognitif dan lisan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema dasar aritmatik
11

Kekongruenan
Latihan soal
20 menit
Tes kognitif dan lisan
Kebenaran pemahaman kekongruenan
14
Modulo Bilangan Prima
Latihan soal
20 menit
Tes kognitif dan lisan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modulo bilangan prima

2. Penilaian
a)   Aspek Penilaian
Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara   mandiri
b)   Bobot Penilaian
A   =   Nilai Aktifitas bertanya, menjawab, keaktifan, kehadiran
T   =   Rata-rata nilai tugas (Tugas minimal 3 kali)
M  =   Nilai Ujian Mid Semester
S   =   Nilai Ujian Semester
NA=   Nilai Akhir



Kualifikasi Penilaian
Nilai
Angka Mutu
Huruf Mutu
8,5 – 10,0
7,6 – 8,4
7,0 –7,5
6,0 – 6,9
5,6 – 5,9
4,6 – 5,5
≤4,5
A
B+
B
C+
C
D
E
4
3,5
3
2,5
2
1
0


                                                                                                                                                                                                            Palembang, 4 Februari 2019
Mengetahui                                                                                                                  
Ketua Prodi Pend. Matematika                                       Dosen Penanggung Jawab MK




Dr. Destiniar, M.Pd.                                                       Marhamah, M.Pd.





SILABUS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah       :    Teori Bilangan
Kode Mata Kuliah        :    MKM 125
Jumlah SKS                  :    2 (dua)
Semester                       :    2 (dua)
MK Prasyarat                :    Aljabar
Deskripsi Mata Kuliah  :    Mata kuliah teori bilangan merupakan salah satu mata kuliah keahlian bidang studi matematika yang bertujuan memperkuat landasan materi matematika terutama yang mempunyai hubungan dengan bilangan. Dalam teori bilangan memberikan beberapa konsep dasar bilangan yang membahas tentang induksi matematika dan teorema binom, algoritma pembagian, euclide, persamaan diophantos, teorema dasar aritmatik, dan kekongruenan. 
           
Tujuan Mata Kuliah      :    Selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami induksi matematika dan teorema binom, algoritma pembagian, euclide, persamaan diophantos, teorema dasar aritmatik, dan kekongruenan.               

CPL-Prodi                    :    S     :         Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
                                           P     :         Menguasai pengetahuan konseptual teori bilangan
                                           KU :  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan matematika.
                                           KK :  Mampu menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan

CPL-MK                       :    1.    Mahasiswa mampu menggunakan induksi matematika dalam pembuktian matematika
                                           2.    Mahasiswa mampu menyelesaikan operasi baris elementer dan teorema binom
                                           3.    Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma pembagian
                                           4.    Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma euclide
                                           5.    Mahasiswa mampu menjelaskan persamaan diophantos
                                           6.    Mahasiswa mampu menjelaskan teorema dasar aritmatik
                                           7.    Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kekongruenan
                                           8.    Mahasiswa mampu menjelaskan konsep struktur aljabar
                                          
Pertemuan
Materi Pokok
Sub Materi
Sub Capaian Pembelajaran -MK
Bahan Pustaka/Referensi
Keterangan
1
Induksi Matematika
Notasi Sigma
mahasiswa
mampu membuktikan teorema/rumus dengan cara induksi matematika

Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


2
Teorema Binomial
Binom, koefisien binom, sifat koefisien penjabaran binom
Mahasiswa mampu menerapkan teorema binomial pada penjabaran bentuk perpangkatan

Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


3
Algoritma Pembagian
Algoritma pembagian, sifat-sifat keterbagian bilangan bulat
Mahasiswa mampu Memahami algoritma pembagian

Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


4
Algoritma Pembagian
Faktor persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK
Mahasiswa mampu Mendefinisikan faktor persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK

Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


5
Algoritma Euclide
Pembagian bilangan bulat
Mahasiswa mampu
Memahami pembagian bilangan bulat dan definisi algoritma euclide

Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


6
Algoritma Euclide
Pembagian bersama terbesar
Mahasiswa mampu mencari FPB dan KPK dengan cara algoritma euclide
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


7
Persamaan Diophantus
Persamaan diophantus, reduksi dan kongruensi
Mahasiswa mampu menyelesaikan persamaan diophantus dengan cara reduksi dan kongruensi
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


8
UTS




9
Teorema Dasar Aritmatik
Teorema dasar aritmatik
Mahasiswa mampu membuktikan teorema yang ada dalam aritmatik
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


10
Tapis Erastothenes
Bilangan prima dan tapis erastothenes
Mahasiswa mampu memahami tapis erastothenes dan menggunkannya dalam menyelesaikan persoalan matematika
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


11
Kekongruenan
Kekongruenan linier
Mahasiswa mampu membuktikan teorema kekongruenan
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


12
Kekongruenan
Teorema sisa
Mahasiswa mampu menerapkan konsep kekongruenan untuk membuktikan keterbagian suatu bilangan bulat dengan bilangan bulat
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


13
Fungsi Fi-euler
Fungsi euler dan fungsi fi-euler
Mahasiswa mampu memahami definisi, teorema dan sifat fungsi fi-euler serta terampil menerapkannya untuk memecahkan soal-soal terkait
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


14
Modulo Bilangan Prima
Modulo bilangan prima berkuasa dan modulo bilangan prima
Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modulo bilangan prima
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


15
Pandangan Struktur Aljabar
Grup dan gelanggang
Mahasiswa mampu memahami gruf dan gelanggang beserta sifat-sifatnya
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


16
UAS









 RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)


KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
No. Dokumen :
...................
No. Revisi :
..................
Hal : 4
Tanggal Terbit
4 Februari 2019
Mata Kuliah :
Teori Bilangan
Semester :
2
Sks
2
Kode Mata Kuliah :
MKM 125
Program Studi
Pendidikan Matematika
Dosen Pengampuh/Penanggung Jawab :
Marhamah, M.Pd.
Capaian Pembelajaran Lulusan
(CPL)
A.    CAPAIAN PEMBELAJARAN : ASPEK SIKAP
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
B.     CAPAIAN PEMBELAJARAN : PENGETAHUAN UMUM
Menguasai pengetahuan konseptual mata kuliah teori bilangan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN : KETERAMPILAN UMUM
1.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan matematika.
2.      Mampu menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran matematika.
C.    CAPAIAN PEMBELAJARAN : KETERAMPILAN KHUSUS
Mampu menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1.      Mahasiswa mampu menggunakan induksi matematika dalam pembuktian matematika
2.      Mahasiswa mampu menyelesaikan operasi baris elementer dan teorema binom
3.      Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma pembagian
4.      Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma euclide
5.      Mahasiswa mampu menjelaskan persamaan diophantos
6.      Mahasiswa mampu menjelaskan teorema dasar aritmatik
7.      Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kekongruenan
8.      Mahasiswa mampu menjelaskan konsep struktur aljabar
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah teori bilangan merupakan salah satu mata kuliah keahlian bidang studi matematika yang bertujuan memperkuat landasan materi matematika terutama yang mempunyai hubungan dengan bilangan. Dalam teori bilangan memberikan beberapa konsep dasar bilangan yang membahas tentang induksi matematika dan teorema binom, algoritma pembagian, euclide, persamaan diophantos, teorema dasar aritmatik, dan kekongruenan.
Minggu
Ke
Kemampuan Yang Diharapkan (Sub CMPK)
Bahasan Kajian/Materi Pembelajaran
Metode Pembelajaran Dan Pengalaman Belajar
Wkt
(Menit)
Penilaian
Kriteria/Indikataor
1
Setelah mengikuti
Perkuliahan ini, mahasiswa
diharapkan dapat membuktikan teorema/rumus dengan cara induksi matematika

Induksi Matematika

Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis
Terampil menggunakan langkah-langkah pembuktian dengan induksi matematika

2
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan dapat menerapkan teorema binomial pada penjabaran bentuk perpangkatan

Teorema Binomial
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis
Terampil menggunakan sifat-sifat koefisien binomial dalam perhitungan


3-4
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:                     
a.    Memahami algoritma pembagian
b.    Mendefinisikan faktor persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK

Algoritma Pembagian
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis
Terampil membuktikan sifat-sifat algoritma pembagian


  5-6
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
a.    Memahami definisi algoritma euclide
b.    Mencari FPB dan KPK dengan cara algoritma euclide

Algoritma Euclide
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis
Terampil memahami definisi algoritma euclide
7
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
Menyelesaikan persamaan diophantus dengan cara reduksi dan kongruensi

Persamaan Diophantus
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis
Terampil menerapkan konsep kekongruenan linier untuk menyelesaikan persamaan linier diophantus
8
UJIAN TENGAH SEMESTER
9
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
Membuktikan teorema yang ada dalam aritmatik

Teorema Dasar Aritmatik
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis
Kebenaran pemahaman teorema dasar aritmatik


10
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
a.    Memahami tapis erasthothenes
b.    Menggunakan tapis erasthothenes dalam menyelesaikan persoalan matematika

Tapis Erastothenes
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis



Kebenaran pemahaman tapis erastothenes


11-12
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu membuktikan teorema kekongruenan dan  menerapkan konsep kekongruenan untuk membuktikan keterbagian suatu bilangan bulat oleh bilangan bulat

Kekongruenan
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis

Kebenaran pemahaman kekongruenan


13
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
Memahami definisi, teorema dan sifat fungsi fi-euler serta terampil dalam menerapkannya untuk memecahkan soal terkait

Fungsi fi-Euler
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis

Terampil dalam menerapkan fungsi fi-euler untuk memecahkan soal –soal terkait
14
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
a.    Memahami modulo bilangan prima
b.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modulo bilangan prima
Modulo Bilangan Prima
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis

Kebenaran pemahaman Modulo bilangan prima
15
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa
diharapkan mampu:
a.    Memahami grup dan sifat grup
b.    Memahami gelanggang dan sifatnya
Pandangan Struktur Aljabar
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
50x2 sks = 100 menit
Tes tertulis, kuis

Kebenaran pemahaman pandangan struktur aljabar
16
UJIAN AKHIR SEMESTER

DaftarReferensi :
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.
Sukirman. (2016). Ilmu Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.Jakarta











TUGAS MAHASISWA DAN PENILAIANNYA

1. Tugas
Minggu ke
Bahan kajian/
Materi Pembelajaran
Tugas
Waktu
(menit)
Penilaian
Indikator
4
Algoritma Euclide
Latihan soal
20 menit
Tes kognitif dan lisan
Terampil memahami definisi algoritma euclide
9
Teorema Dasar aritmatik
Latihan Soal
20 menit
Tes kognitif dan lisan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema dasar aritmatik
11

Kekongruenan
Latihan soal
20 menit
Tes kognitif dan lisan
Kebenaran pemahaman kekongruenan
14
Modulo Bilangan Prima
Latihan soal
20 menit
Tes kognitif dan lisan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modulo bilangan prima

2. Penilaian
a)   Aspek Penilaian
Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara   mandiri
b)   Bobot Penilaian
A   =   Nilai Aktifitas bertanya, menjawab, keaktifan, kehadiran
T   =   Rata-rata nilai tugas (Tugas minimal 3 kali)
M  =   Nilai Ujian Mid Semester
S   =   Nilai Ujian Semester
NA=   Nilai Akhir



Kualifikasi Penilaian
Nilai
Angka Mutu
Huruf Mutu
8,5 – 10,0
7,6 – 8,4
7,0 –7,5
6,0 – 6,9
5,6 – 5,9
4,6 – 5,5
≤4,5
A
B+
B
C+
C
D
E
4
3,5
3
2,5
2
1
0


                                                                                                                                                                                                            Palembang, 4 Februari 2019
Mengetahui                                                                                                                  
Ketua Prodi Pend. Matematika                                       Dosen Penanggung Jawab MK




Dr. Destiniar, M.Pd.                                                       Marhamah, M.Pd.





SILABUS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah       :    Teori Bilangan
Kode Mata Kuliah        :    MKM 125
Jumlah SKS                  :    2 (dua)
Semester                       :    2 (dua)
MK Prasyarat                :    Aljabar
Deskripsi Mata Kuliah  :    Mata kuliah teori bilangan merupakan salah satu mata kuliah keahlian bidang studi matematika yang bertujuan memperkuat landasan materi matematika terutama yang mempunyai hubungan dengan bilangan. Dalam teori bilangan memberikan beberapa konsep dasar bilangan yang membahas tentang induksi matematika dan teorema binom, algoritma pembagian, euclide, persamaan diophantos, teorema dasar aritmatik, dan kekongruenan. 
           
Tujuan Mata Kuliah      :    Selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami induksi matematika dan teorema binom, algoritma pembagian, euclide, persamaan diophantos, teorema dasar aritmatik, dan kekongruenan.               

CPL-Prodi                    :    S     :         Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
                                           P     :         Menguasai pengetahuan konseptual teori bilangan
                                           KU :  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan matematika.
                                           KK :  Mampu menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan

CPL-MK                       :    1.    Mahasiswa mampu menggunakan induksi matematika dalam pembuktian matematika
                                           2.    Mahasiswa mampu menyelesaikan operasi baris elementer dan teorema binom
                                           3.    Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma pembagian
                                           4.    Mahasiswa mampu menyelesaikan algoritma euclide
                                           5.    Mahasiswa mampu menjelaskan persamaan diophantos
                                           6.    Mahasiswa mampu menjelaskan teorema dasar aritmatik
                                           7.    Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kekongruenan
                                           8.    Mahasiswa mampu menjelaskan konsep struktur aljabar
                                          
Pertemuan
Materi Pokok
Sub Materi
Sub Capaian Pembelajaran -MK
Bahan Pustaka/Referensi
Keterangan
1
Induksi Matematika
Notasi Sigma
mahasiswa
mampu membuktikan teorema/rumus dengan cara induksi matematika

Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


2
Teorema Binomial
Binom, koefisien binom, sifat koefisien penjabaran binom
Mahasiswa mampu menerapkan teorema binomial pada penjabaran bentuk perpangkatan

Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


3
Algoritma Pembagian
Algoritma pembagian, sifat-sifat keterbagian bilangan bulat
Mahasiswa mampu Memahami algoritma pembagian

Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


4
Algoritma Pembagian
Faktor persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK
Mahasiswa mampu Mendefinisikan faktor persekutuan, kelipatan persekutuan, FPB dan KPK

Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


5
Algoritma Euclide
Pembagian bilangan bulat
Mahasiswa mampu
Memahami pembagian bilangan bulat dan definisi algoritma euclide

Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


6
Algoritma Euclide
Pembagian bersama terbesar
Mahasiswa mampu mencari FPB dan KPK dengan cara algoritma euclide
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


7
Persamaan Diophantus
Persamaan diophantus, reduksi dan kongruensi
Mahasiswa mampu menyelesaikan persamaan diophantus dengan cara reduksi dan kongruensi
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


8
UTS




9
Teorema Dasar Aritmatik
Teorema dasar aritmatik
Mahasiswa mampu membuktikan teorema yang ada dalam aritmatik
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


10
Tapis Erastothenes
Bilangan prima dan tapis erastothenes
Mahasiswa mampu memahami tapis erastothenes dan menggunkannya dalam menyelesaikan persoalan matematika
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


11
Kekongruenan
Kekongruenan linier
Mahasiswa mampu membuktikan teorema kekongruenan
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


12
Kekongruenan
Teorema sisa
Mahasiswa mampu menerapkan konsep kekongruenan untuk membuktikan keterbagian suatu bilangan bulat dengan bilangan bulat
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


13
Fungsi Fi-euler
Fungsi euler dan fungsi fi-euler
Mahasiswa mampu memahami definisi, teorema dan sifat fungsi fi-euler serta terampil menerapkannya untuk memecahkan soal-soal terkait
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


14
Modulo Bilangan Prima
Modulo bilangan prima berkuasa dan modulo bilangan prima
Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modulo bilangan prima
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


15
Pandangan Struktur Aljabar
Grup dan gelanggang
Mahasiswa mampu memahami gruf dan gelanggang beserta sifat-sifatnya
Sukarman, Herry. (1993). Teori Bilangan. Penerbit Depdikbud.

Sukirman. (2016). Teori Bilangan. Edisi I. Penerbit Universitas Terbuka.


16
UAS









Komentar

Postingan Populer